Rabu, 30 Mei 2012

Jika Tak Dipanggil Inggris, Jagielka Mungkin Bela Polandia

London - Philip Jagielka masuk skuad timnas Inggris di Piala Eropa. Dia mengaku bisa saja membela Polandia jika tak mendapat panggilan memperkuat The Three Lions empat tahun lalu.

Cedera yang didapat Gareth Barry saat Inggris dijajal oleh Norwegia akhir pekan lalu membawa 'berkah' tersendiri bagi Jagielka. Defender Everton itu akhirnya menjadi bagian timnas Inggris yang akan bermain di Polandia-Ukraina.

Karir Jagielka di timnas Inggris boleh dibilang telat. Meski sudah memperkuat tim U-21 sejak tahun 2003, dia baru mendapat panggilan timnas senior lima tahun kemudian saat usianya menginjak 25 tahun.

Jagielka mengaku sempat berpikir untuk membela tanah luhurnya, Polandia. Darah Polandia mengalir dari kakek dan neneknya yang tercermin dari nama tengah Nikodem yang disandangnya.

"Kakek dan nenekku adalah orang Polandia. Mereka pindah pada tahun 1948, melalui Afrika, dan menetap di Weaverham (Cheshire). Kakekku meninggal sebelum aku lahir, itulah asal nama tengahku (Nikodem) dan aku bisa bermain untuk Polandia jika semuanya berlangsung berbeda," jelas Jagielka seperti dilansir oleh Guardian.

"Mungkin jika aku tidak berada di dekat tim (Inggris), aku sudah bermain untuk Polandia. Tapi aku tidak tahu apakah aku akan merasa nyaman bergabung di sana. Aku pasti akan menjadi sedikit penyendiri. Aku tidak menguasai bahasanya, tidak ahu mengenai budayanya," tambahnya.

Jagielka pun merasa bersyukur karena kini bisa mengenakan seragam timnas Inggris. Sebabnya, dia merasa lebih sebagai orang Inggris meski berdarah Polandia.

"Aku tidak melihat diriku sebagai seorang Polandia. Aku lahir di Inggris, berbicara dengan aksen Inggris dan untungnya aku bermain untuk Inggris," tandas pemain yang pernah memperkuat Sheffield United itu.

0 komentar:

Posting Komentar